PERSEPSI TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PROGRAM KKN-PPBA TERHADAP PENDIDIKAN PELATIHAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2008

Mukmin, Khairul and Agus , Zainal and Yayan, Mulyana (2009) PERSEPSI TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PROGRAM KKN-PPBA TERHADAP PENDIDIKAN PELATIHAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2008. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Khairul Mukmin-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi tutor keaksaraan fungsional program KKN-PPBA terhadap pendidikan pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu tahun 2008 dilihat dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pendidikan pelatihan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah FKIP Unib dan sasarannya mahasiswa FKIP yang mengikuti program KKN-PPBA Unib tahun 2008. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data meliputi reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan, serta terknik keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi. Setelah melakukan penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Persepsi tutor keaksaraan fungsional dari FKIP pada program KKN-PPBA Universitas Bengkulu tahun 2008 terhadap persiapan yang dilakukan dalam pendidikan pelatihan ini cukup baik. Tahap persipan meliputi perencanaan dan perumusan tujuan pendidikan pelatihan. Persiapan ini dinilai belum terlalu baik karena para tutor mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan pendidikan pelatihan ini terlalu singkat yaitu selama dua hari yang berakibat pada pemadatan dalam penyampaian materi pendidikan pelatihan. (2) Persepsi tutor keaksaraan fungsional dari FKIP pada program KKN-PPBA terhadap pendidikan pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu tahun 2008 sudah baik. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa tempat, instruktur, materi, metode, media, dan pemberian insentif yang sudah sesuai dengan kebutuhan peserta pendidikan pelatihan. (3) Persepsi tutor terhadap evaluasi kegiatan pendidikan pelatihan tutor keaksaraan fungsional dari FKIP pada program KKN-PPBA yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu ini kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan evaluasi hanya dilakukan pada akhir kegiatan pendidikan pelatihan saja. Dari hasil evaluasi akhir ini diketahui bahwa pendidikan pelatihan ini sudah memberikan hasil yang baik bagi peserta pendidikan pelatihan. Dengan demikian dalam pendidikan pelatihan ini disarankan kepada penyelenggara agar dalam melakukan kegiatan pendidikan pelatihan harus melakukan perencanaan yang matang sebelum dilakukan kegiatan diantaranya penentuan jadwal, evaluasi kegiatan sebaiknya dilakukan pada kegiatan awal, proses, dan akhir. Karena sebagian besar peserta pendidikan pelatihan tutor keaksaraan fungsional ini berlatar belakang bukan pendidikan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 01:02
Last Modified: 07 Dec 2013 01:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item View Item