UPAYA PENDIDIK DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI BAGI PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD PELITA HATI KOTA BENGKULU

Christa Marta, Ninna and Agus , Zainal and Yayan, Mulyana (2009) UPAYA PENDIDIK DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI BAGI PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD PELITA HATI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
NINNA CHRISTA MARYA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Merumuskan masalah penelitian mengenai bagaimanakah upaya pendidik dalam menanamkan budi pekerti bagi peserta didik pada kelompok bermain PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu. Dan juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam penanaman budi pekerti pada peserta didik kelompok bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang responden yaitu pendidik pada PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan yaitu : 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, serta teknik keabsahan data hasil penelitian menggunakan Triangulasi. Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan secara umum upaya yang dilakukan pendidik dalam penanaman budi pekerti bagi peserta didik kelompok bermain yang dapat dilihat dari (1), Upaya pendidik dalam Penanaman budi pekerti terhadap diri sendiri terhadap peserta didik ini sangatlah diperlukan agar sang anak dapat hidup mandiri, bertanggung jawab, dan dapat menghargai dirinya sendiri. (2), Dapat dilihat dari penanaman budi pekerti pada anak terhadap sesama manusia diharapkan agar anak mempunyai rasa social yang tinggi, memiliki dan mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama manusia, memiliki tatakrama dan sopan santun, serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia. (3), Seperti pada upaya pendidik dalam penanaman budi pekerti pada peserta didik terhadap binatang, pendidik harus langsung mempraktekkan pengajaran teori kepada peserta didik mengenai bagaimana sikap kita dalam menyayangi sesama makhluk tuhan, dan juga tidak boleh mengganggu binatang tersebut, pada penanaman budi pekerti pada peserta didik teerhadap binatang ini diharapkan agar anak memiliki rasa pengendalian diri, mentaati ajaran agama dan menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan. (4), Upaya pendidik dalam penanaman budi pekerti pada peserta didik terhadap lingkungan dapat dilihat dari cara pemberian teori dan juga praktek langsung yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik yaitu dengan cara menjelaskan dan mempraktekan langsung kepada peserta didik bagaimana caranya supaya peserta didik dapat berinteraksi atau memperlakukan lingkungan yang ada disekitarnya, seperti tidak membuang sampah sembarangan, bagimana agar peserta didik dapat mencintai tanaman dan menghemat air. (5), Upaya pendidik dalam penanaman budi pekerti pada peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilakukan dengan VII cara menjelaskan bahwa hendaknya sejak di usia dini kita harus mentaati ajaran agama yang sudah ditetapkan, menjalankan perintah Allah SWT seperti berdo’a sebelum dan sesudah makan, rajin beribadah dan pergi ketempat ibadah,.serta menjauhi menjauhi laranganNya. Apabila kita menjalankan perintah Allah SWT maka kita akan mendapatkan pahala dan jika kita tidak menjauhi laranganNya maka kita akan berdosa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 01:11
Last Modified: 07 Dec 2013 01:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item