“UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREAKTIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI KELAS XB SMAN 4 KOTA BENGKULU“.

Sari H, Maya and Amrul, Bahar and Sumpono, Sumpono (2009) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREAKTIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI KELAS XB SMAN 4 KOTA BENGKULU“. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
MAYA SARI H.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreaktif, Efektif dan Menyenangkan). Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian siswa kelas XB SMAN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreaktif, Efektif dan Menyenangkan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I hingga siklus III yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 6,48 pada siklus I; 6,91 pada siklus II; dan 7,71 pada siklus III. Daya serap siswa secara klasikal adalah 6,48 % pada siklus I; 6,91 % pada siklus II; dan 7,71 % pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 58,54 % pada siklus I; 65,85 % pada siklus II; dan 85,37 % pada siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 01:54
Last Modified: 07 Dec 2013 01:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item