PENGEMBANGAN PROTOTIPE SLIDE KOMPUTER BERPOLA INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA PADA KONSEP PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP

Mariani, Trusti and Diah , Aryulina and Bambang, Sahono (2009) PENGEMBANGAN PROTOTIPE SLIDE KOMPUTER BERPOLA INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA PADA KONSEP PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[img] Text
TRUSTI MARIANI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe media slide komputer berpola induktif untuk pembelajaran biologi SMA konsep Pengelompokan Makhluk Hidup. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), tahap perencanaan (planning), tahap pengembangan draf produk (develop preliminary form of product) dan tahap evaluasi oleh guru. Subjek penelitian adalah 16 guru biologi SMA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Instrumen pengumpul data evaluasi media adalah angket berbentuk skala penilaian. Data evaluasi media dianalisis dengan menggunakan rerata skor dan persentase. Hasil analisis kurikulum adalah rincian materi Virus, Eubacteria dan Archaebacteria, Protista, dan Fungi untuk materi media. Produk yang dikembangkan adalah 104 slide komputer berpola induktif untuk konsep Pengelompokan Makhluk Hidup. Slide berisi materi Virus, Eubacteria dan Archaebacteria, Protista, dan Fungi yang dioperasikan dengan program power point. Evaluasi guru terhadap media slide komputer berpola induktif secara umum dinilai baik dengan skor (42,6). Dari sebelas aspek penilaian, sepuluh aspek yang dinilai baik meliputi kesesuaian tulisan dengan tujuan pembelajaran, ketepatan tulisan dengan konsep, ketepatan tulisan dengan urutan penyajian konsep, kejelasan tulisan dilihat dari jarak 8 meter, ketepatan tulisan dengan pola induktif, kesesuaian gambar dengan tujuan pembelajaran, ketepatan gambar dengan konsep, kejelasan gambar, ketepatan gambar latar slide, kemenarikan gambar. Satu aspek yang dinilai cukup ialah kemenarikan gambar latar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 02:14
Last Modified: 07 Dec 2013 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item