PERANAN KANTOR TAMAN BUDAYA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN RAKYAT BENGKULU DI PROVINSI BENGKULU

Jaya , Ahmad and Sugeng , Suharto and Agus , Setiyanto (2009) PERANAN KANTOR TAMAN BUDAYA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN RAKYAT BENGKULU DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

[img] Text
Ahmad Jaya FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (601kB)

Abstract

Upaya pelestarian kesenian rakyat Bengkulu yang dilakukan Taman Budaya Bengkulu adalah dengan melakukan dua aspek pelestarian kesenian rakyat yang meliputi: Penggalian kesenian rakyat melalui sumber tertulis/bergambar dan Penyebarluasan kesenian rakyat melalui pagelaran, dan pameran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagiamna peranan Kantor Taman Budaya dalam Melestarikan Kesenian Rakyat Bengkulu di Privinsi Bengkulu. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: Observasi/pengamatan, Wawancara, Dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah pimpinan dan staf di Taman Budaya Bengkulu berjumlah 17 orang. Metode analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran keadaan yang berlangsung pada saat sekarang. Metode ini dilakukan dengan jalan mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan dengan tujuan utama membuat suatu keadaan secara nyata dan objektif. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang didapat dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen, gambar, foto dan sebagainya. Setelah data dibaca, dipelajari, ditelaah, maka langkah selanjutnya ialah mengadakan reduksi data (rangkuman data inti), melakukan penyusunan dalam satuan-satuan, kemudian kategorisasi data dengan penggunaan koding, melakukan pemeriksaan keabsahan data dan melakukan penafsiran data. Penelitian ini hanya menggunakan satu variabel tunggal yaitu peranan kantor Taman Budaya dalam Melestarikan Kesenian Rakyat Bengkulu di Privinsi Bengkulu. Aspek penelitian nya adalah penggalian kesenian rakyat melalui sumber tertulis/bergambar dan penyebarluasan kesenian rakyat melalui pagelaran dan pameran. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peranan Taman Budaya dalam melestarikan kesenian rakyat daerah di Provinsi Bengkulu dapat dikatakan cukup memegang peranan penting, karena dengan melakukan penggalian kesenian rakyat (saat ini sudah lebih dari 17 karya hasil penggalian) sebagaimana tertuang dalam rencana program tahunan kantor Taman Budaya Bengkulu yang dilakukan secara berkala terhadap kesenian yang berada ditengah-tengah masyarakat baik yang saat ini masih terus aktif dipertahankan ataupun yang sudah sangat jarang dilakukan atau dengan kata lain hampir punah, dan bahkan akan punah bila tidak dilakukan penggalian dan pelestariannya, maka diharapkan dengan dilakukan kegiatan penggalian akan terhindar dari musnahnya kesenian daerah dimasa mendatang. Begitupun halnya dengan penyebar luasan kesenian rakyat (yang telah terprogram dalam rencana tahunan setiap tahun) melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan pihak sekolah, seniman, dan masyarakat seniman secara umum (yang meliputi panggung kreasi remaja, lomba cipta puisi, pelatihan teater, pagelaran panggung gembira, workshop seni, lomba lukis dan temu budaya) dengan menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik di Provinsi Bengkulu melalui pergelaran dan pameran di tingkat Provinsi Bengkulu maupun pergelaran dan pameran yang dapat disaksikan masyarakat se nusantara melalui kegiatan temu budaya se nusantara dengan menampilkan seni budaya rakyat Bengkulu dalam event tersebut ini maka diharapkan kesenian daerah Bengkulu akan terhindar dari kemusnahan dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 08 Dec 2013 09:24
Last Modified: 08 Dec 2013 09:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item