ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASIKALENDER AKADEMIK DI UNIVERSITAS BENGKULU

Muchairon , Muchairon and Loesida , Roeliana and Achmad, Aminudin (2009) ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASIKALENDER AKADEMIK DI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

[img] Text
Muchairon Skripsi ok FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (629kB)

Abstract

Universitas Bengkulu sebagai Instansi Pemerintah yang menjalankan tugasnya di bidang pendidikan harus melaksanakan kalender akademik secara efektif, dengan keadaan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kebijakan-kebijakan yang baik yang dijalankan secara konsekuen oleh seluruh fakultasnya agar terhindar dari rendahnya mutu pendidikan tinggi. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah pejabat dan staf yang benar-benar mengetahui dan terlibat langsung dengan kegiatan akademik sebanyak 22 orang, yakni: Bagian Pendidikan dan Kerjasama Rektorat (4 orang), Kasubbag Pendidikan Fakultas (6 orang), Staf Pendidikan Fakultas (6 orang), dan mahasiswa yang benar-benar mengetahui, mengalami dan terlibat langsung dengan kegiatan akademik terutama mahasiswa semester 6 sampai dengan semester 8 (6 orang). Metode analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran keadaan yang berlangsung pada saat sekarang. Analisa data bukanlah merupakan tahap tertentu yang disampaikan pada bab tertentu sebagaimana halnya penelitian kuantitatif, namun analisa data sangatlah erat kaitannya dengan proses pengumpulan data di lapangan. Dalam penelitian hanya ada 1 (satu) variabel tunggal yaitu efektivitas implementasi kalender akademik dan diukur melalui; pelaksanaan kalender akademik dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan, dan pekerjaan pelaksanaan kalender akademik dapat diukur. Dari penelitian diketahui bahwa: registrasi mahasiswa dan pembayaran SPP, cuti akademik, kuliah kerja nyata (KKN), yudisium dan wisuda selalu tepat waktu, sedangkan kegiatan bimbingan akademik/pengisian KRS sebanyak 86,35 % informan menyatakan tepat waktu, perubahan KRS sebanyak 90,09 % menyatakan tepat waktu, ujian tengah semester, ujian sisipan, dan ujian akhir semester hanya 13,64 % yang menyatakan tepat waktu, sementara untuk penyerahan nilai sebanyak 9,10 % menyatakan tepat waktu. Sehingga dapat disimpulkan untuk kegiatan ujian tengah semester, ujian sisipan, dan ujian akhir semester, serta penyerahan nilai tidak tepat waktu (belum efektif). Akhirnya dapat disimpulkan bahwa kalender akademik secara nyata telah diimplementasikan dengan baik di tingkat Fakultas, dan ini cukup efektivitas bagi mahasiswa dalam memandu penyelesaian studinya di Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 08 Dec 2013 10:30
Last Modified: 08 Dec 2013 10:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item