PENERAPAN METODE GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Haryati, Lenni and Amrul, Bahar and Agus, Sundaryono (2009) PENERAPAN METODE GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
LENNY HARYATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan Metode Genius Learning.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian siswa kelas X.B SMA Negeri 6 kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes di gunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan Metode Genius Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 24 dengan kategori baik, siklus II rata-rata skor 26 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor meningkat menjadi 27,5 juga dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 72,75; daya serap klasikal 72,75 % dan ketuntasan belajar 68,96 %, siklus II menunjukkan nilai rata-rata 74,81; daya serap klasikal 74,81 %, dan ketuntasan belajar klasikal 85,18 %, siklus III menunjukkan nilai rata-rata 80,37; daya serap klasikal 80,37 %, dan ketuntasan belajar klasikal 92,59 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 09 Dec 2013 12:58
Last Modified: 09 Dec 2013 12:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item