PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PTK KELAS VC SDN 69 KOTA BENGKULU)

Kumbara , Deka and Hasnawati, Hasnawati and Sri , Ken Kustianti (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PTK KELAS VC SDN 69 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP-3-13-DEK-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3,13-DEK-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme menggunakan media gambar yang diproyeksikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencananan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VC SDN 69 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi aktivitas guru 32,5 kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 39 kategori baik dan nilai rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I 32 kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 38,25 kategori baik. Siklus 1 diperoleh rata-rata tes 64,37 dengan ketuntasan belajar klasikal 59,37% meningkat di siklus II rata-rata tes 70,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%. Persentase aspek afektif menerima siklus I 51,56%, siklus II 67,18%. Menanggapi siklus I 37,49%, siklus II 56,25%. Menilai siklus I 31,25%, siklus II 51,56%. Mengelola siklus I 26,56%, siklus II 51,56%. Menghayati siklus I 21,87%, siklus I 45,31%. Persentase aspek psikomotor Manipulasi siklus I 48,43%, siklus II 59,37%. Menirukan siklus I 40,62%, siklus II 60,93%. Pengalamiahan siklus I 40,62%, siklus II 60,93%. Artikulasi siklus I 29,68%, siklus II 65,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme menggunakan media gambar yang diproyeksikan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VC SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Dec 2013 13:28
Last Modified: 09 Dec 2013 13:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item