PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR”DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER

Priangan , Dewi and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2013) PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR”DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-3-13-DEW-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP-3-13-DEW-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas melalui penerapan model Quantum Teaching “T ANDUR” da l a m m e nana m ka n ni l ai ka ra kt er pa da m a ta pelajaran IPS di kelas IV.2 SDN 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IV.2 SDN 01 Kota Bengkulu. Tekhnik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui pedoman observasi, wawancara dan angket. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dilakukan analisis data melalui reduksi, display dan verifikasi data. Pegujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) langkahlangkah penerapan Quantum Teaching “T ANDUR” suda h dit e ra pkan be rda sa rkan tahapan tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan. Pada tahap ulangi, pemberian acuan untuk mengecek kembali hasil eksplorasi belum dilakukan guru secara optimal dan guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan kembali materi yang belum dipahami; 2) pengelolaan kelas yang dilakukan guru sudah sesuai dengan komponen pengelolaan kelas yang meliputi penciptaan iklim pembelajaran yang kondusif dan pengendalian kondisi belajar optimal. Di dalam menciptakan iklim pembelajaran yang optimal, guru belum memberikan teguran terhadap siswa yang melakukan kesalahan; 3) nilai-nilai karakter yang telah dikembangkan guru dalam pembelajaran IPS meliputi nilai religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, dan tanggungjawab. Karakter tanggungjawab berada pada kriteria membudaya secara konsisten tertinggi dengan persentase 51,74% dan nilai karakter religius berada pada kriteria membudaya secara konsisten terendah dengan persentase 17,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) model Quantum Teaching diterapkan guru melalui tahap tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan; 2) pengelolaan kelas terdiri dari dua komponen yaitu penciptaan iklim pembelajaran yang optimal dan pengendalian kondisi belajar yang optimal; 3) nilai karakter yang dikembangkan guru dalam pembelajaran IPS meliputi nilai religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Dec 2013 13:34
Last Modified: 09 Dec 2013 13:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item