ENGLIS H TEACHERS’ PERCEPTION TOWARD THE EFFECTIVE LANGUAGE TEACHING CRITERIA (Study at the Junior High School in Bengkulu Town)

Egusta, Larsen and Imranuddin, Imranuddin and Rudi , Afriazi (2013) ENGLIS H TEACHERS’ PERCEPTION TOWARD THE EFFECTIVE LANGUAGE TEACHING CRITERIA (Study at the Junior High School in Bengkulu Town). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-13-lar-fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (772kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,-1-13-lar-fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persepsi guru-guru bahasa inggris terhadap kriteria pengajaran bahasa yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi yang diambil adalah 20 guru bahasa inggris SMPN di kota Bengkulu. Sampel penelitian ini menggunakan tehnik tujuan sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunkan kuisioner. Kuisioner ini berisi 30 kriteria pengajaran bahasa yang efektif yang telah di modifikasi oleh peneliti dari James H. Stronge (2002). Hasil penelitian ini menunjukan beberapa kriteria pengajaran bahasa yang efektif pada tingkat sangat setuju. Pada aspek pengetahuan, kriterianya adalah pengajaran bahasa yang efektif harus menggunakan media mengajar dan alat bantu dalam mengajar dengan jumlah bobot total 78, di ajarkan oleh guru yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa dengan jumlah bobot total 76, memuat 4 skill (kemampuan) dalam bahasa inggris; (membaca, menulis, mendengar dan berbicara) dengan jumlah bobot total 75, berdasarkan pada RP dan SP yang di rancang sebelum proses belajar mengajar dengan jumlah bobot total 74. Pada aspek integritas, kriterianya adalah pengajaran bahasa yang efektif harus siap untuk memecahkan masalah para siswa dalam proses pembelajaran dengan jumlah bobot total 76, mempunyai evaluasi dalam tiap minggu dengan jumlah bobot total 74. Sedangkan pada aspek komunikasi, kriterianya adalah pengajaran bahasa yang efektif harus menciptakan kondisi yang hangat dan antusias untuk pembelajaran siswa dengan jumlah bobot total 75, mempunyai timbal balik antara para siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan jumlah bobot total 74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Peneliti menyimpulkan bahwa persepsi guru-guru bahasa inggris terhadap kriteria pengajaran bahasa yang efektif kebanyakan positif. Di sarankan kepada Guru Bahasa Inggris SMPN di kota Bengkulu agar mempertahankan keefektifan pengajaran mereka dalam setiap aspek dari pengajaran bahasa yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Dec 2013 10:21
Last Modified: 10 Dec 2013 10:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item