PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII3SMPN 21 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch)

Khalifah, Nita Umi and Sri , Irawati and Irdam , Idrus (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII3SMPN 21 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-nit.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (582kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-nit.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar biologi menggunakan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan Refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa.kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data kualitatif aktivitas guru dan siswa sedangkaninstrumen tes untuk memperoleh data kuantitatif.Hasil analisis data observasi aktivitas guru, pada siklus I diperoleh rerata 24 (baik), siklus II meningkat menjadi 27 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I, rerata skor dari 18 (cukup), siklus II meningkat menjadi 25,5 (baik).Pada siklus I, hasil belajar secara kognitif siswa mengalami ketuntasan dengan rerata 72,97%, siklus II meningkat menjadi 83,78%. Setiap siklus siswa mampu menunjukan aspek afektif dan psikomotorik dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Dec 2013 14:43
Last Modified: 10 Dec 2013 14:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item