Ferli Trinoveldi, Ferli Trinoveldi and M. Lutfi , Firdaus and Wiwit, Wiwit (2013) ANALISIS KADAR KROMIUM (Cr) DAN BESI (Fe) DENGAN PENCITRAAN DIGITAL MENGGUNAKAN REGRESI LINIER SEDERHANA (RLS)DAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-fer-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-fer-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara metode Regersi Linier Sederhana (RLS) dengan metode Partial Least Square (PLS) analisis kadar kromium (Cr) dan besi (Fe) dengan metode pencitraan digital dibandingkan dengan metode spektofotometri. Citra digital diambil dengan menggunakan kamera Nikon D100 SLR dan kemudian diambil nilai komponen warna RGB (Red, Green, Blue). Data dari komponen warna tersebut dibuat kurva Regresi Linier Sederhana (RLS) dan dengan Partial Least Square (PLS), konsentrasi larutan standar vs absorbansi tiap komponen warna untuk menentukan konsntrasi sampel. Dari kedua teknik regresi tersebut diperoleh keakuratan metode terhadap metode standar spektrofotomteri UV-Vis mencapai 99,6 – 99,9 %.Sehingga dengan metode pencitraan digital ini dapat digunakan sebagai metode alternatif yang lebih murah dan lebih sederhana yang digunakan untuk menentukan kadar logam dalam sampel air dekanat FKIP UNIB. Konsentrasi sampel yang didapat adalah 0,048 ppm untuk logam Cr dan 0,559 ppm untuk Fe.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 10:18 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 16:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
View Item |