ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS BENGKULU

Fiza Dora Selpa Pertiwi, Fiza Dora Selpa Pertiwi and Sumpono, Sumpono and Salastri, Rohiat (2013) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-fiz-KI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-fiz-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2010, 2011, dan 2012. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan tes pada tiap angkatan. Data IQ digunakan sebagai data pendukung. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Dari analisa hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia berkategori cukup yakni 69,76% indikator kritis dan kreatif yang dimiliki. Sedangkan berdasarkan analisa tes, diperoleh data bahwa keseluruhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia terdapat 4 kategori kemampuan berpikir kritis dan kreatif yakni: kurang kritis dan kreatif sebesar 28,28%, cukup kritis dan kreatif sebesar 59,60%, berpikir kritis dan kreatif sebesar 9,09%, serta sangat kritis dan kreatif sebesar 3,03%. Dari grafik yang dihasilkan pada tiga data yang diambil baik angket, tes, dan data IQ menunjukkan bahwa kecenderung persentase ketiga data ini sama yakni pada kategori cukup kritis dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 10:23
Last Modified: 11 Dec 2013 10:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4057

Actions (login required)

View Item View Item