PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI EMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN STRUCTURED DYADIC METHODS TIPE CLASSWIDE PEER TUTORING (CPT)DI SMKN 2 KOTA BENGKULU

Nesti, Nesti and Amrul, Bahar (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI EMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN STRUCTURED DYADIC METHODS TIPE CLASSWIDE PEER TUTORING (CPT)DI SMKN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-nes-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-nes-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X T.LAS SMKN 2 Kota Bengkulu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif menggunakan structured dyadic methods tipe classwide peer tutoring (CPT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMKN 2 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X T.LAS SMKN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa.Pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan mulai dari siklus I hingga siklus III yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, lembar tes, lembar observasi dan angket. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan guru, aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 38 pada siklus II berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 46 dan pada siklus III berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 49 serta aktivitas guru skor pada siklus I sebesar 57, siklus II meningkat menjadi 63 dan siklus III meningkat lagi menjadi 67 dengan kriteria baik. (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,59, siklus II meningkat menjadi 73,18 dan siklus III meningkat menjadi 75,4.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 11:02
Last Modified: 11 Dec 2013 11:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item