MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK B1 TK AL-MUKHLISIN

Firnanda, Anin Desrina and Suhartono, Suhartono and Yulidesni, Yulidesni (2013) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK B1 TK AL-MUKHLISIN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ani-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (525kB)
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-ani-FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata, khususnya dalam mengenal nama buah dan menyebutkan warna dan rasa buah pada anak usia dini melalui kegiatan menebalkan gambar dan huruf, kolase, menempel gambar dan huruf, dan menempel gambar buah.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researct) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B1 berjumlah 20 orang anak, yaitu 4 anak laki-laki dan 16 anak perempuan diTaman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan kegiatan menebalkan gambar dan huruf,kolase, menempel gambar dan huruf, dan menempel gambar buah dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dibuktikan dengan hasil mengenal dan menyebutkan pada siklus I memcapai tara-rata 70%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80%. Selanjutnya disarankan kepada guru-guru dalam melakukan kegiatan menebalkan gambar dan huruf, kolase, menempel gambar dan huruf, dan menempel gambar buah akan lebih efektif apabila guru memberikan penjelasan urutan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak, mengajak anak berbincangbincang sebelum memulai kegiatan, serta memberikan bimbingan kepada anak yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 15:01
Last Modified: 11 Dec 2013 16:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item