UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA IKAN DI AKUARIUM PADA ANAK KELOMPOK B TK IT IQRA’

Anggreani, Chresty and M. Nasirun, M. Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA IKAN DI AKUARIUM PADA ANAK KELOMPOK B TK IT IQRA’. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-che-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
I,II,III-1-13-che-FI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-che-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode bermain melalui media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode bermain dengan menggunakan media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok B Taman Kanak-Kanak IT Iqro’ Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode bermain melalui media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Data di kumpulkan dengan observasi dan dokumentasi, dengan tehnik analisa data secara dekriptif kualitatif. Dalam penerapan metode bermain dengan media ikan di akuarium untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, seorang guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya metode bermain dengan media ikan di akuarium seperti permainan yang menyenangkan, menarik sesuai dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 15:36
Last Modified: 11 Dec 2013 16:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item