ANALISIS KEARSIPAN PADA KANTOR DINAS KESEJAHTERAN SOSIAL PROPINSI BENGKULU

Heriyadi, Eko and Mirza, Yasben and Sugeng , Suharto (2007) ANALISIS KEARSIPAN PADA KANTOR DINAS KESEJAHTERAN SOSIAL PROPINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III-EKO-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (295kB)
[img] Text
IV,V-EKO-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (204kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Analisis Kearsipan pada Kantor Dinas Kesejahteran Sosial Propinsi Bengkulu. Kantor Dinas Kesejahteran Sosial Propinsi Bengkulu sebagai suatu Organisai tentulah tidak terlepas dari kegiatan kearsipan, dalam melaksanakan kegiatan kearsipannya menggunakan gabungan sistem sentralisasi dan desentralisasi yaitu penanganan arsip secara kombinasi, arsip yang masih aktif dipergunakan atau disebut arsip aktif dikelola di unit kerja masing-masing pengolah, dan arsip yang sudah kurang dipergunakan atau disebut arsip in-aktif dikelola di sentral arsip yaitu pada sub Bagian Tata Usaha Urusan Umum. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitin ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai kearsipan pada Kartor Dinas Kesejahteran Sosial Propinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Sasaran dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang yang terdiri dari : a). Ka. Subbagian TU, Pegawai TU sebanyak 4 orang, Seksi-seksi yang mengurusi arsip sebanyak 3 orang, dan Kasi-kasi sebanyak 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan kearsipan yang diterapkan di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Bengkulu adalah sistem abjad, yaitu sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan abjad. Dalam sistem ini semua arsip/dokumen diatur berdasarkan abjad nama orang, organisasi atau kantor. Sistem pengelolaan kearsipan yang diterapkan di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Bengkulu cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari sudah memadainya sistem kearsipan yang meliputi: Sistem penerimaan arsip, sistem pencatatan arsip, sistem pengiriman arsip, prosedur pelaksanaan kearsipan, sistem penyimpanan arsip, sistem pemeliharaan arsip, sistem pemindahan dan pemusnahan arsip serta sistem penemuan kembali arsip. Pengorganisasian arsip di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Bengkulu menggunakan azas desentralisasi yaitu semua unit kerja mengelola arsipnya masing-masing. Sistem ini digunakan karena pengelolaan arsip dapat dilakukan sesuai kebutuhan kerja masing-masing, keperluan akan arsip lebih mudah terpenuhi, karena berada pada unit kerja sendiri, dan penanganan arsip lebih mudah dilakukan karena arsipnya sudah dikenal baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 12 Dec 2013 10:12
Last Modified: 12 Dec 2013 10:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item