Endriwati, Endriwati and Puji, Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA KELOMPOK B1 TK SATU ATAP SUKAKARYA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-end-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-end-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan konstruktif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 TK Satu Atap Sukakarya, dengan jumlah anak sebanyak 22 anak terdiri dari 13 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Tahap penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan.Hasil penelitian pada akhir siklus 1, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mengenal warna mencapai 40,91%, pada aspek mengenal bentuk benda mencapai 27,27%, dan pada aspek kemampuan menyusun kepingan mencapai 31,82%. Hasil pada akhir siklus 2, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mengenal warna mencapai 77,27%, pada aspek mengenal bentuk benda mencapai 81,81%, dan pada aspek kemampuan menyusun kepingan mencapai 77,27%. Kesimpulannya : permainan konstruktif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B1 TK Satu Atap Sukakarya, terutama dalam mengenal warna dan mengenal bentuk benda, serta kemampuan menyusun kepingan sesuaidengan pola.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2014 00:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2014 00:22 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4140 |
Actions (login required)
View Item |