MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA JARI TANGAN DI KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA AMEN KABUPATEN LEBONG

Arunika, Ermi and Suhartono, Suhartono and Yudisiani, Yudisiani (2013) MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA JARI TANGAN DI KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA AMEN KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-erm-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-erm-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Skripsi, jurusan pendidikan guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini dengan media jari tangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok A TK Negeri Pembina Amen Kabupaten Lebong yang berjumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan media jari tangan dapat meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini dibuktikan dengan hasil mengenal angka 1-10, membilang angka 1- 10 dengan media jari tangan dan menghubungkan konsep bilangan dan lambang bilangan melalui media jari tangan pada siklus I mencapai rata-rata 57,8%, kemudian meningkat menjadi 95,5%. Hasil kesimpulan penelitian dengan memanfaatkan media jari tangan dalam proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan baik dan terencana menghasilkan hasil yang baik juga, saran semua pendidik melaksanakan pendidikan seoptimal mungkin sehingga tidak menjadikan masalah yang dapat menghambat lajunya pendidikan diera globalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 12:20
Last Modified: 12 Dec 2013 12:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item