PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TK ANUGRAH DESA BANDUNG AGUNG SEMIDANG ALAS MARAS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Nuraeni, Herni Azizah and Rohiat, Rohiat and Delrefi, Delrefi (2013) PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TK ANUGRAH DESA BANDUNG AGUNG SEMIDANG ALAS MARAS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-her-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-her-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak kurang mampu belajar membaca karena guru mengajar tidak melalui permainan,anak baru hafal huruf tapi belum mengenal huruf, metode yang digunakan guru dalam mengajarkan membaca tidak menarik perhatian sehingga anak malas mengikuti pelajaran dan kurang termotivasi untuk belajar membaca,perbendaharaan kata anak masih kurang, anak merasa takut mengikuti pelajaran membaca, anak kurang termotivasi untuk belajar membaca. Tujuan Penelitian adalah: Untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Anugrah desa Bandung Agung Alas Maras melalui penerapan metode bermain dengan media ICT. Tujuan secara khusus adalah: untuk meningkatkan kemampuan anak membaca dengan menyebutkan huruf dan kata yang terdapat pada gambar., untuk meningkatkan kemampuan anak membaca dengan menyusun huruf dan kata pada media ICT, untuk meningkatkan kemampuan anak membaca dengan membaca kata-kata yang dikenalnya pada media ICT. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan anak membaca dengan menyebutkan huruf dan kata yang terdapat pada gambar, siklus I baru mencapai 70,6%, siklus II : 76,5%,siklus III sudah mencapai 88.2%, kemampuan anak membaca dengan menyusun huruf dan kata pada media ICT, siklus I baru mencapai 64,7%,siklus II : 64,7%, siklus III sudah mencapai 82,4%, kemampuan anak membaca dengan membaca kata-kata yang dikenalnya pada media ICT, siklus I baru mencapai 52,9%, siklus II : 76,5%, siklus III sudah mencapai 82,4%. Kesimpulannya adalah Penerapan bermain dengan media ICT dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak di TK Anugrah desa Bandung Agung Kecamatan Semidang Alas Maras

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 14:37
Last Modified: 12 Dec 2013 14:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item