MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOKOMOTOR ANAK MELALUI PERMAINAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B DITAMAN KANAK-KANAK MUFHADHOL DESA TAMBANG SAWAH

Yulimah, Ira and Puspa , Djuwita and Sri , Saparahayuningsih (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOKOMOTOR ANAK MELALUI PERMAINAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B DITAMAN KANAK-KANAK MUFHADHOL DESA TAMBANG SAWAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ira-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar khususnya kemampuan Lokomotor anak. Pemecahan mengatasi anak yang kemampuan lokomotornya kurang berkembang adalah dengan penerapan metode permainan gerak dan lagu, setelah diterapkan metode permainan gerak dan lagu,kemampuan lokomotor anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Mufhadhol Desa Tambang Sawah meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 16 orang anak didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator teman sejawat, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) pada aspek kemampuan anak dalam berjalan maju mengikuti pola garis degan baik pada kondisi awal 43,8%, siklus l 87,5% dan siklus ll 100%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 56,2%. 2) pada aspek kemampuan anak dalam berjalan jinjit degan baik pada kondisi awal 43,8%, siklus l 62,5% dan siklus ll 87,5%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 43,7%. 3) pada aspek kemampuan anak dalam berjalan mundur mengikuti pola garis degan baik pada kondisi awal 12,5%, siklus l 31,3% dan siklus ll 81,3%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 68,8%. 4) pada aspek kemampuan anak dalam berjalan kesamping mengikuti pola garis degan baik pada kondisi awal 31,3%, siklus l 75% dan siklus ll 93,7%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 62,4%. 5)pada aspek kemampuan anak dalam melompat degan baik pada kondisi awal 62,5%,siklus l 87,5% dan siklus ll 100%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 37,5%. 6) pada aspek kemampuan anak dalam berlari mengikuti pola garis degan baik pada kondisi awal 25%, siklus l 81,3% dan siklus ll 93,7%, sehingga peningkatan kondisi awal hingga siklus ll sebesar 68,7%. Pada siklus l nilai rata-rata anak sudah baik yaitu 2,6 dan pada siklus ll nilai rata-rata anak menjadi lebih baik yaitu 2,9 jadi terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus l ke siklus ll yaitu sebesar 0,3.Dengan demikian penerapan metode permainan gerak dan lagu berhasil meningkatkan kemampuan lokomoto r anak dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Mufhadhol Desa Tambang Sawah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 14:52
Last Modified: 12 Dec 2013 14:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item