MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI BERMAIN DAN BERNYANYI DI KELOMPOK ATK HARAPAN BANGSA JERANGLAH MANNA

Karsri Rahayu, Karsri Rahayu and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI BERMAIN DAN BERNYANYI DI KELOMPOK ATK HARAPAN BANGSA JERANGLAH MANNA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-kar-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-kar-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak merasa takut dalam belajar berhitung, model dan teknik pembelajaran guru yang tidak menyenang, media yang digunakan guru kurang menarik, anak kesulitan dalam pengenalan penambahan dan pengurangan. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak di kelompok A TK Harapan Bangsa Jerangla Manna melalui bermain dan benyanyi. Secara khusus adalah untuk: meningkatkan kemampuan berhitung dengan benda-benda melalui bermain dan bernyanyi, meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan lambang bilangan melalui bermain dan bernyanyi, meningkatkan kemampuan mengenal penambahan dan pengurangan melalui bermain dan bernyanyi. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan anak berhitung dengan benda-benda sudah meningkat dibuktikan dengan eberhasilan anak pada siklus I memperoleh nilai baik 64,7%, mengalami peningkatan pada siklus II: 88,2%.Kemampuan anak mengenal konsep bilangan dengan lambang bilangan sudah meningkat, dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I memperoleh nilai baik 64,7%, mengalami peningkatan pada siklus II: 82,3%. Kemampuan anak mengenal penambahan dan pengurangan melalui bermain dan bernyanyi sudah meningkat, dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I memperoleh nilai baik 53%, mengalami peningkatan pada siklus II: 82,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan bermain dan bernyanyi dapat meningkatkan keterampilan berhitung pada anak di TK Harapan Bangsa Jeranglah Manna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 15:10
Last Modified: 12 Dec 2013 15:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item View Item