MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DI KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Arisandi, Maya and I Wayan, Dharmayana and Wembrayarly, Wembrayarly (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DI KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-may-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (933kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-may-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (929kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “dapatkah permainan warna meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Manna?” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas menggambar melalui teknik permainan warna pada anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Manna. PTK ini dilakukan di TK Negeri Pembina Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan selama bulan November 2012. Sampel adalah seluruh siswa kelompok B2 sebanyak 15 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan observasi, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil karya anak.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan warna telah mampu meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Manna, hal ini terindikasi dari aspek perilaku kreatif anak yang melipuiti: (1) Fluency, sebanyak 80% anak mampu menyelesaikan tugas menggambar tepat waktu; (2) flexibility, semua anak (100%) anak mampu menghasilkan karya yang berbeda dari karyanya yang menggunakan warna dasar; (3) Originality, semua anak (100%) mampu menghasilkan karya yang berbeda dengan yang lain atau teman-temannya;(4) Elaboration, sebanyak 86,67% anak mampu menampilkan warna yang detil pada gambar; (5) Sensitivity, semua anak (100%) mampu menciptakan karya dengan perpaduan warna yang serasi; (6) Semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, hal ini disebabkan teknik permainan warna tidak membatasi anak dengan aturan permainan apapun, anak bebas memainkan atau mencampurkan warna yang ada, sehingga kegiatan pembelajaran menggambar menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 13 Dec 2013 09:54
Last Modified: 13 Dec 2013 09:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item