MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN POHON PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK IT IZZATUL ISLAM MUARA AMAN KAB.LEBONG

Wati, Meli Puspita and Alliman, Alliman and Sri , Ken Kustianti (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN POHON PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK IT IZZATUL ISLAM MUARA AMAN KAB.LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-mel-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (752kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-mel-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (746kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mesdeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan pohon pisang dan meningkatkan kreativitas seni anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian anak kelompok B TK IT IZZATUL ISLAM Kabupaten Lebong tahun ajaran 2012, dengan jumlah anak 14 orang yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pada pelaksanaan penelitian ini dilakukan 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 4 tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dan lembar kerja anak, lembar observasi di gunakan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar anak dan aktivitas guru di kelas.Penerapan kegiatan kreativitas seni anak dengan pembuatan mobil-mobilan dan rumah-rumahan dengan menggunakan pohon pisang dapat meningkatkan imajinasi anak dalam berkarya pada anak-anak di TK IT Izzatul Islam Kabupaten Lebong,hal ini dapat dilihat keberhasilan anak pada siklus pertama anak mampu menuangkan imajinasi hanya 84,28% sedangkan pada siklus kedua 88,57% di siklus pertama anak mengenal variasi bentuk hanya 70% sedangkan pada siklus kedua 82,85%, anak mampu mengkomunikasikan hasil karya hanya 70% sedangkan pada siklus kedua 84,28% anak mampu merangkai potongan dari pohon pisang 77,14% sedangkan pada siklus kedua 85,71% pada aktivitas belajar anak siklus pertama 77,14% sedangkan pada siklus kedua meningkat mencapai 82,85%. Dengan kategori sangat baik Kata kunci: Pengembangan Kreativitas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:31
Last Modified: 13 Dec 2013 10:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item