Susyanti, Neti and Nina, Kurniah and Rita , Sinthia (2013) MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE JARIMAGIC. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-net-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-net-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kecerdasan logika matematika pada anak usia dini. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode jarimagic dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika pada Anak Usia Dini di Penididkan Anak Usia Dini Al Fikri. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok B berjumlah 15 orang anak, 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat siklus dan pada siklus I, II, III melalui tiga pertemuan dan siklus IV melalui dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan metode Jarimagic dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika, khususnya pada kemampuan membilang dan berhitung, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Dalam penerapan metode jarimagic untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika pada Anak Usia Dini direkomendasikan seorang guru harus menyiapkan kegiatan bervariasi dan ha-hal yang mendukung terlaksananya metode jarimagic.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 11:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 11:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4190 |
Actions (login required)
View Item |