ANALISA DEFLEKSI PADA KONSTRUKSI RANGKA BATANG MENARA SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Nainggolan, Fuko and Eng, Hendra and Erinofiardi, Erinofiardi (2012) ANALISA DEFLEKSI PADA KONSTRUKSI RANGKA BATANG MENARA SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik UNIB.

[img] Text
FUKO N-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan truss pada struktur menara/tower dalam bidang telekomunikasi dan listrik sangat banyak terutama pada daerah – daerah yang padat dan sulit dijangkau seperti daerah pemukiman padat penduduk. Penggunaan truss pada struktur menara/tower dapat dilihat pada menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) seperti di pulau Jawa dan menara/tower tersebut dibangun dengan memiliki kekuatan dan ketinggian tertentu agar tidak mengganggu lingkungan yang ada dibawahnya. Selain pada menara SUTET, truss juga digunakan pada bangunan/alat – alat lain seperti jembatan, pengangkat crone (pemindah bahan) dan lain sebagainya. Pemodelan dirancang menjadi dua variasi menara. Dimana masing – masing menara memiliki bentuk rancangan truss yang berbeda. Penghitungan analisa defleksi pada konstruksi rangka batang menara SUTET dilakukan dengan menggunakan Finite Element Methode (FEM) dan jenis materialnya adalah baja dengan young modulus 200 GPa dan poisson ratio 0.3. Posisi pembebanan pada menara/tower SUTET terletak pada ujung kedua lengan dan di puncak menara/tower. Besarnya gaya yang diberikan bervariasi yaitu dengan gaya 500 N, 1000 N, dan 1500 N. Berdasarkan analisa yang diperoleh bahwa nilai maksimal dari defleksi yang dihasilkan bertambah besar dengan makin bertambahnya gaya yang diberikan pada menara tersebut. Fenomena ini dapat diartikan bahwa semakin besar nilai gaya yang diberikan dan semakin sedikit truss yang dipasangkan pada menara, maka akan semakin tinggi nilai maksimal defleksi yang dihasilkan. Maka dari itu posisi dari gaya sebagai pembebanan dan banyaknya truss yang dipasang dalam penelitian ini sangat berpengaruh pada defleksi yang di hasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 14 Dec 2013 17:21
Last Modified: 14 Dec 2013 17:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item