PENERAPAN STRATEGI TTW DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V SDN 35 Kota Bengkulu)

Arnalis, Arnalis and Daimun , Hambali and Sri , Ken Kustianti (2012) PENERAPAN STRATEGI TTW DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V SDN 35 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Arnalis-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan persuasi serta mengembangkan karakter siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu melalui penerapan Strategi TTW dengan Model Picture And Picture. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 30 dengan kategori cukup, nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 29,5 dengan kategori cukup. Hasil tes kemampuan menulis karangan siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,17%, mendapat nilai rata-rata sebesar 61,52 dengan kategori belum tuntas. Pengembangan nilai karakter menunjukkan nilai religius dan disiplin sudah terlihat pada aspek MK. (2) pada siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 35,5 dengan kategori baik dan nilai aktivitas siswa sebesar 36 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan menulis karangan siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52% dengan nilai rata-rata 70,38. Pengembangan nilai karakter siswa menunjukkan nilai religius, kreatif, komunikatif, rasa ingin tahu, mandiri, dan nilai disiplin sudah terlihat pada aspek MK yang mengalami peningkatan dari siklus I, dan (3) pada siklus III diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 43 dengan kategori baik dan nilai aktivitas siswa sebesar 42,5 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan menulis karangan siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 88,23% dengan nilai rata-rata 74,91. Pengembangan nilai karakter siswa menunjukkan nilai religius, kreatif, komunikatif, rasa ingin tahu, mandiri, dan nilai disiplin sudah terlihat pada aspek MK yang mengalami peningkatan dari siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi TTW dengan Model Picture And Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi dan dapat mengembangkan karakter siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 14:44
Last Modified: 15 Dec 2013 14:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item