PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM (PTK Kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu)

Atmira, Nurdiati and v , karjyati and Nani , Yuliantini (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM (PTK Kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Atmira Nurdiati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan pengembangan karakter siswa dalam mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model Group Investigation menggunakan permainan tangram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor serta obeservasi pengembangan karakter. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 27,25 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 37,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 36,25 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 66,6% dengan nilai rata-rata 70,53 pada siklus II meningkat menjadi 88,8% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 79,11. Untuk aspek afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 19 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk aspek psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak 18 siswa untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik, sedangkan pengembangan nilai-nilai karakter pada nilai rasa ingin tahu mencapai hasil yang memuaskan berkembang paling pesat dengan 33,3% sedangkan nilai teliti paling rendah berkembang secara konsisten yaitu hanya 14,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Group Investigation menggunakan permainan tangram dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan pengembangan karakter khususnya siswa kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 14:53
Last Modified: 15 Dec 2013 14:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item View Item