PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Wardani,, Susilawati Ayu and Dalifa, Dalifa and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Ayu Susilawati Wardani-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan keterampilan proses. Subyek penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yakni: 1) Siklus I diperoleh nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 35,75 (C), nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa 34 (C) dan siklus II nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 49,25 (B), nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa 48,75 (B). 2) Nilai rata-rata LKS siklus I yakni 70,78, ketuntasan belajar klasikal 68,75% dan siklus II sebesar 77,5, ketuntasan belajar klasikal 100%. Nilai rata-rata tes siklus I 64,12, ketuntasan belajar klasikal sebesar 68,75% dan siklus II rata-rata sebesar 70,31, ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25%. Rata-rata persentase aspek afektif untuk aspek menerima siklus I 31,26%, siklus II 43,76%, aspek menanggapi siklus I 25.01%, siklus II 45,32%, aspek menilai siklus I 29,69%, siklus II 43,76%, aspek mengelola siklus I 23,44%, siklus II 39,07% dan aspek menghayati siklus I 28,13%, siklus II 48,44%. Rata-rata persentase aspek psikomotor menirukan siklus I 32,82%, siklus II 37,51%, aspek memanipulasi siklus I 32,82%, siklus II 46,88%, aspek pengalamiahan siklus I 39,07%, siklus II 54,69%, dan aspek artikulasi siklus I 34,38%, siklus II 40,63%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 15:00
Last Modified: 15 Dec 2013 15:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item