Abadis, , Eplan and Wurjinem, Wurjinem and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL INQUIRI MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 04 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Eplan Abadis.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SDN 04 Kota Bengkulu dengan penerapan model Inquiri melalui media ajar Computer Assited Instruction (CAI). Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,25 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 43,75 dengan kriteria amat baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 44,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata 6,83. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inquiri melalui media ajar computer assited instruction (CAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya di kelas VA SD Negeri 04 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 15 Dec 2013 15:23 |
Last Modified: | 15 Dec 2013 15:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4398 |
Actions (login required)
View Item |