TINJAUAN KRIMINOLOGI TINDAK KEKERASAN OLEH GURU TERHADAP MURID DI KOTA BENGKULU

Arisandy, Benny and Noeke, Sri Wardhani and Helda, Rahmasary (2012) TINJAUAN KRIMINOLOGI TINDAK KEKERASAN OLEH GURU TERHADAP MURID DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Hukum UNIB.

[img] Text
Skripsi Benny Arisandy-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (774kB)

Abstract

Kekerasan oleh guru terhadap murid di sekolah sangat berdampak buruk bagi perkembangan psikologis murid, baik kekerasan dalam bentuk fisik, psikis, maupun kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya tindak kekerasan oleh guru terhadap murid, serta mengetahui upaya penanggulangan dari tindak kekerasan yang dilakukan oleh guru tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap pelaku, aparat penegak hukum dan orang tua murid, dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, yaitu analisis data yang dideskripsikan dengan menggunakan data-data yang menggunakan kerangka berpikir deduktif dan induktif dan sebaliknya. Diperoleh jawaban bahwa tindak kekerasan yang terjadi seringkali disebabkan oleh faktor sifat guru yang tempramental, selain itu guru yang sedang adanya masalah keluarga, serta murid yang belum bisa menghargai orang lain (guru) juga menjadi pemicu hal tersebut. Beberapa responden mengatakan bahwa faktor penyebab lainnya adalah murid yang nakal yang berasal dari latar belakang keluarga yang bermasalah, sehingga sikapnya pun susah untuk diatur, serta ada sebagian guru yang menggunakan cara kekerasan supaya murid- murid menjadi segan kepada guru tersebut, dan kurangnya komunikasi antara guru, murid, dan orang tua juga menjadi penyebab hal tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa upaya untuk menanggulangi tindak kekerasan oleh guru kepada murid adalah, dengan menjaga sikap profesionalisme sebagai seorang guru, menjalin silaturahmi dengan baik dengan murid maupun orang tua murid, melakukan pelatihan khusus dalam mendidik murid tanpa menggunakan cara kekerasan, menegakkan disiplin bagi guru dan murid yang melanggar aturan, murid harus bisa menjaga sikap dan perilaku yang baik di sekolah, memberikan alternatif sanksi lain selain sanksi pemukulan yang bersifat mendidik, melakukan pembinaan iman, rohani, dan mental sesuai keyakinan masing-masing secara rutin di sekolah. Saran dari hal ini adalah, melakukan pertemuan periodik antara guru dan wali murid untuk membahas perkembangan murid di sekolah tersebut, dan guru harus menjunjung tinggi sikap profesionalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 07:14
Last Modified: 16 Dec 2013 07:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item