MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD SERINDANG BULAN MUARA AMAN LEBONNG

Tulhafifa, Nurcahaya and Puspa , Djuwita and Sri , Saparahayuningsih (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD SERINDANG BULAN MUARA AMAN LEBONNG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui model kooperatif pada sentra balok.. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak anak yang belum mampu bekerjasama dan mengelompok dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B PAUD Serindang Bulan Desa Nangai Amen Kabupaten Lebong tahun ajaran 2012-2013 berjumlah 20 anak,terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (refleksi). Pengumpulaan data mengunakan tehnik observasi. Instrumen penelitian dengan lembar observasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama anak dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa melalui model kooperatif pada pembelajaran sentra balok dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak dalam bentuk kerja kelompok,berdasarkan hasil siklus 1 Kerjasama anak dalam mengenal bentuk dan fungsi balok memperoleh 80% pada siklus 2 meningkat menjadi 85%,pada siklus 1 aspek kerjasama anak dalam membongkar pasangan balok memperoleh 60% pada siklus 2 meningkat menjadi 80%,pada siklus 1 kerjasama anak dalam bertanggung jawab atas tugas kelompok memperoleh nilai 50% pada siklus 2 meningkat menjadi 85%,pada siklus 1kemampuan kerjasama anak dalam memecahkan masalah mendapat 45%,danmeningkat menjadi 80% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Dec 2013 10:30
Last Modified: 16 Dec 2013 10:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item