PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Embrianti, , Elsi. and Susetyo, Susetyo and Agus , Joko Purwadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan Strategi Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII.1 SMP 18 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012 ini. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Sebagai kelas tindakan dilakukan penelitian ini di kelas VIII.1 yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri atas 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik observasi (pengamatan) dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berbicara siswa pada saat menerapkan strategi Think Pair Share. Prosedur pelaksanaan pembelajaran yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran guru memberikan penilaian serta saran terhadap setiap penampilan siswa. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berbicara siswa, khususnya menyampaikan sanggahan, penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti dan alasan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Think Pair Share pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu meningkat. Peningkatan ini tampak dari proses pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa yang lebih aktif dan lebih bersemangat, saling memberikan motivasi, dan menghargai pendapat orang lain. Peningkatan kemampuan berbicara siswa ini dapat dilihat pada siklus I nilai rata-rata 72,43 dan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 53,12% atau 17 orang siswa yang tuntas dari 32 siswa yang mengikuti kegiatan berbicara. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 78,12 dan ketuntasan belajar klasikal 84,37% atau 27 siswa yang tuntas dari 32 siswa yang mengikuti kegiatan berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:55
Last Modified: 16 Dec 2013 21:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item