Nupus, Hayatun and Padi, Utomo and Agus , Trianto (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENDENGARKAN BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VIII B SMP 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SKIRIPSI HAYATUN NUPUS PTK fikk-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan berita. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mendengarkan berita dengan metode pembelajaran cooperative script di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu seorang guru dan 40 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2012, terdiri dari datu siklus. Rancangan penelitian melibatkan guru, observer, dan peneliti yang kegiatannya meliputi: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan, (3) observasi dan monitoring, (4) hasil penelitian, dan (5) refleksi dan revisi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes uraian, dan wawancara. Tekhnik analisis data mengunakan rumus statitik dan dideskripsikan (statistik deskriptif). Hasil penelitian sebagai berikut: (1) aktivitas atau proses belajar siswa mengalami peningkatan dari tahap awal hingga tahap akhir hingga aspek indikator proses bisa dicapai oleh siswa yaitu siswa antusias dalam belajar, antusias menjawab tes uraian tepat waktu, keberanian menyampaikan pendapat, dan keberanian menuliskan dan mengikhtisarkan hasil kerja meningkat, dan (2) hasil belajar siswa meningkat, ditunjukan dengan angka: (a) presentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap awal sebesar 43.58% dari jumlah siswa menjadi 71.05% pada tahap dua serta meningkat menjadi 83.05% pada tahap akhir, (b) nilai rata-rata kualitas pembelajaran pada kegiatan awal 69.10 meningkat pada tahap dua menjadi 78.68 dan pada tahap akhir menjadi 85, (c) daya serap klasikal pada tahap awal 69.10% meningkat pada tahap dua menjadi 78.68% kemudian meningkat lagi pada tahap akhir menjadi 85%, Dan (3) dari hasil wawancara diketahui siswa dan guru menyenagi pembelajaran dengan metode cooperative script.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 22:06 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 22:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4649 |
Actions (login required)
View Item |