UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF DAN TEBAK KATA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN PINO RAYA

Rostini, Rostini and Normansyah, Sendi and Agus , Joko Purwadi (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF DAN TEBAK KATA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN PINO RAYA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ros-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (671kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-ros-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (662kB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah, TK tempat peneliti bertugas tidak mempunyai banyak sarana yang dapat mendukung keterampilan anak dalammembaca, TK tidak mempunyai ruang pustaka, juga buku – buku bacaan sangat kurang. Judul penelitian adalah “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Tebak Huruf Dan Tebak Kata Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Pino Raya”. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah Permainan Tebak Hurup dan Tebak Kata dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Pinoraya. tujuan penelitian adalah,Untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan tebak kata dan tebak huruf di kelompok B TK Dharma wanita Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, di TK Dharma wanita Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, pada setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamaNan dan refleksi.Kesimpulan adalah melalui permainan tebak huruf dan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma wanita Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.Dibuktikan dengan hasil siklus II anak yang mendapat nilai Baik sebanyak 93%. Dan peneliti merekomendasikan, Bagi Pendidik TK hendaknya dapat menerapkan permainan tebak huruf dan tebak kata dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak bagi pengelola TK diharapkan dapat memberi kesempatan kepada pendidik TK dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Dec 2013 23:31
Last Modified: 16 Dec 2013 23:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item