PENERAPAN PERMAINAN TALI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-BAROQAH KEDURANG ILIR

Rumita Fahmilia, Rumita Fahmilia and Nurman, Syam and Agus , Joko Purwadi (2013) PENERAPAN PERMAINAN TALI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-BAROQAH KEDURANG ILIR. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-rum-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-rum-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: anak hanya dibiarkanbermain bebas tanpa ada arahan dari guru, guru tidak berusaha menciptakan permainan yang menarik dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak, guru kurang memanfaatkan media di sekitar untuk kegiatan permainan atau pembelajaran, media yang tersedia tidak memadai. Tujuan Penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tali di kelompok Bermain Al-Baraqah Kedurang Ilir, secara khusus adalah untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melaui permainan tali dengan gerakan senam, untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dengan permainan berlari sambil melompati tali, untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dengan permainan tarik tambang. Metode penelitian adalah enggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan permainan tali dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Kelompok Bermain Al-Baroqah desa Karang Caya kecamatan Kedurang Ilir. kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat melaui permainan tali dengan gerakan senam, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mendapat nilai baik (50%) pada siklus II meningkat menjadi 78,6%,kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat dengan permainan melompati tali sambil berlari, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mendapat nilai baik (50%) pada siklus II meningkat menjadi 92,9%, kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat dengan permainan tarik tambang, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mendapat nilai baik (50%) pada siklus II meningkat menjadi 85,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Dec 2013 23:48
Last Modified: 16 Dec 2013 23:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item