PENERAPAN BERMAIN TEKA-TEKI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGETAHUAN) DI KELOMPOK B PAUD MAWAR KETAPANG KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Selta Fimarti, Selta Fimarti and Rohiat, Rohiat and Delrefi, Delrefi (2013) PENERAPAN BERMAIN TEKA-TEKI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGETAHUAN) DI KELOMPOK B PAUD MAWAR KETAPANG KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-sel-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (610kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-sel-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (605kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui penerapan melaluibermain teka–teki. subjek penelitian ini yaitu bidang pengembangan kemampuan kognitif anak dengan melalui bermain teka–teki . Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelompok B Paud Mawar Ketapang dikecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 20 orang anak terdiri dari 12 anak laki–laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan melalui tindakanobservasi, dan dokumentasi.Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukandengan dua siklus dan setiap siklus satu kali pertemuan.hasil penelitianmembuktikan bahwa metode bermain teka–teki dapat meningkatkanperkembangan kognitif anak, yang dibuktikan dengan melihat hasilperhitungan disetiap aspek pengamatan mengalami peningkatkan disetiappertemuan. Untuk hasil perkembangan kognitif pada tahap bermain siklus Imenunjukan 65% sedangkan siklus ke II meningkat 75%. Dalampenerapan metode bermain teka – teki untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak,seorang guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal–hal yang mendukung terlaksanannya penerapan bermain teka–teki sepertipermainan yang menarik sesuai dengan kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 00:34
Last Modified: 17 Dec 2013 00:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4658

Actions (login required)

View Item View Item