MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/ 2013 DENGAN BERMAIN PERAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Januwenti, Lita and M, Aripin and Agus , Joko Purwadi (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/ 2013 DENGAN BERMAIN PERAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (789kB)

Abstract

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Bermain Peran ini keterampilan berbicara siswa SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dapat meningkat. Penelitian ini diterapkan dalam penelitian tindak kelas. Sebagai kelas tindakan dilakukannya penelitian ini adalah kelas VII2 yang berjumlah 30 orang, yang terdiri atas 23 siswa putri dan 7 siswa putra. Alasan memilih kelas VII 2 ini menjadi objek penelitian karena kelas ini merupakan kelas yang cukup bagus di antara tujuh kelas yang lainnya. Penelitian tindakan ini menggunakan metode penelitian tindak kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi awal keterampilan berbicara dan hasil peningkatannya. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi (pengamatan) dan tes lisan keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil analisis pada pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran Bermain Peran pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dapat dikatakan berhasil. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukan (siklus I), siswa mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 22 siswa dari 30 siswa dengan nilai ketuntasan 72,33%, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan berjumlah 8 siswa, karena masih ada siswa yang kurang termotivasi pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus kedua, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 25 siswa dari 30 siswa dengan nilai ketuntasan 93,33%. Meningkatnya hasil pembelajaran dilihat dari kedelapan aspek berbicara dengan berrmain peran. Hal ini menunjukan walaupun pada siklus I target keterampilan berbicara yang diinginkan belum tercapai, namun bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara individu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 10:32
Last Modified: 17 Dec 2013 10:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item View Item