KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Erita, Nofita and Ria, Ariesta and Ngudining, Rahayu (2012) KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 1 Model Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas siswa dan guru saat pembelajaran membaca pemahaman, wawancara kepada siswa dan guru serta kuesioner kepada siswa tentang pembelajaran membaca pemahaman. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran membaca pemahaman yang dialami siswa kelas XI MAN 1 Model Kota Bengkulu meliputi dua aspek, yaitu aspek penghambat membaca siswa dan aspek pembelajaran di kelas. Aspek penghambat membaca siswa yaitu siswa sulit berkonsentrasi saat pembelajaran karena masih ada siswa yang ribut, sibuk dengan kegiatannya sendiri dan mengganggu temannya belajar sehingga mengakibatkan konsentrasi siswa lain menjadi terganggu dan tidak fokus terhadap pelajaran, kurangnya kebiasaan membaca siswa baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah karena kurang memiliki minat dan cenderung malas untuk membaca, kurangnya kemampuan membaca siswa karena kurang membiasakan membaca sehingga pengetahuannya kurang, waktu yang diberikan saat pembelajaran masih kurang, sedangkan aspek pembelajaran di kelas yaitu siswa merasa metode atau cara yang digunakan guru kurang menarik karena siswa menganggap guru tidak menggunakan metode yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, selain itu siswa menganggap media yang digunakan kurang menarik karena media membaca pemahaman kurang tersedia sehingga guru lebih cenderung menggunakan buku paket yang disediakan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 10:38
Last Modified: 17 Dec 2013 10:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item