PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE TEAM TEACHING (TT) DAN GURU TUNGGAL DI SMA NEGERI 1 CURUP KOTA TAHUN AJARAN  2011/2012

Putri Rahayu, Liza and Sura , Menda Ginting and Sumpono, Sumpono (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE TEAM TEACHING (TT) DAN GURU TUNGGAL DI SMA NEGERI 1 CURUP KOTA TAHUN AJARAN  2011/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Liza Putri Rahayu-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif menggunakan Team Teaching dan pembelajaran kooperatif menggunakan Guru Tunggal pada pokok bahasan Redoks di kelas X SMAN 1 Curup Kota pada tahun ajaran 2011- 2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMAN 1 Curup Kota dan sampel adalah kelas X1 sebagai kelas Team Teaching dan kelas X2 sebagai kelas Guru Tunggal. Pada kelas Team Teaching, guru mengkolaborasikan model pembelajaran kooperatif dengan beberapa model pembelajaran Team Teaching, yaitu Supported Instruction, Parallel Instruction dan Monitoring Teacher. Sedangkan pada kelas Guru Tunggal (kelas kontrol) guru hanya menggunakan model pembelajaran kooperatif. Analisa data yang digunakan adaalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif menggunakan Team Teaching dan pembelajaran kooperatif menggunakan Guru Tunggal. Nilai rata-rata untuk kelas Team Teaching sebesar 78,21 sedangkan untuk kelas Guru Tunggal sebesar 71,5. Uji-t kedua kelas sampel dengan ? = 0,05 diperoleh thitung = 2,1 sedangkan ttabel (0,05)(64) = 1,978 berarti thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ho menyatakan jika tidak ada perbedaan hasil belajar kimia siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Team Teaching dan Guru Tunggal pada pokok bahasan Redoks. Sedangkan Ha menyatakan jika ada perbedaan hasil belajar kimia siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Team Teaching dan Guru Tunggal pada pokok bahasan Redoks.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:29
Last Modified: 17 Dec 2013 11:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item