UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN GERAKAN BRAIN GYM PADA SISWA KELAS VII SMP N 14 KOTA BENGKULU-,

Deka Riyanti , Endang and Irsal, Idris and Wahyu , Widiastuti (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN GERAKAN BRAIN GYM PADA SISWA KELAS VII SMP N 14 KOTA BENGKULU-,. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI ENDANG DEKA RIYANTI _A1C006007_-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Gerakan Brain Gym Pada Siswa Kelas VII SMP N 14 Kota Bengkulu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan aktifitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMPN 14 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Dari analisis hasil belajar kognitif yang dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata secara klasikal yaitu 66,53, kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,53. Selanjutnya pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,94. Persentase keberhasilan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase keberhasilan belajar yaitu 55,56%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75%. Selanjutnya persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus III meningkat menjadi 88,89%. Dari hasil observasi diperoleh aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I diperoleh skor 30 dengan kriteria cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 33,5 dengan kriteria baik. Selanjutnya pada siklus III jumlah skor mencapai 36,5 dengan kriteria baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa jika penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Gerakan Brain Gym dapat meningkatkan hasil belajar serta aktifitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:47
Last Modified: 17 Dec 2013 11:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item