PENGARUH PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PONDOK KELAPA

Febry Ardiyanto, Rian and Saleh, Haji and Dewi , Rahimah (2012) PENGARUH PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI RIAN FEBRI ARDIYANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk melihat pengaruh pengajaran langsung (Direct Instruction) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1Pondok Kelapa pada Semester Genap tahun ajaran 2011/2012. Metode Penelitian ini adalah Metode Quasi Eksperimen. Sampel diambil secara simple random sampling dan populasi terjangkau (siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa). Berdasarkan rata-rata Nilai Raport diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas Kontrol. Kelas Eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pengajaran langsung (Direct Instruction) sedangkan kelas Kontrol pembelajarannya dilaksanakan dengan Pembelajaran KonvensionL.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi belajar matematika dalam bentuk posttest yang diberikan pada kedua sampel penelitian. Uji coba instrument dilakukan dikelas VIII A untuk melihat validitas dan reabilitas butir tes.Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan t-test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengajaran langsung berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika. Hal ini dapat dinyatakan berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh thitunguntuk hasil belajar = 5,824, dan thitunguntuk motivasi belajar adalah 4,009. Nilai ini lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel, dimana nilai t dalam tabel adalah 1.991.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:09
Last Modified: 17 Dec 2013 12:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item