ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN DITINJAU DARI KEPUASAN TENAGA PENDIDIK DAN UNIT COST PENDIDIKAN

Rambayu, Adeka and Yefriza, Yefriza (2008) ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN DITINJAU DARI KEPUASAN TENAGA PENDIDIK DAN UNIT COST PENDIDIKAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-AND-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (733kB)
[img] Text
IV,V-AND-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (733kB)

Abstract

Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan, sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan sebagai faktor penentu keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan melalui bebagai program pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis dan terarah bedasarkan kepentingan yang mengacu pada kemajuan ilmu pengetahun dan teknoogi (IPTEK) dan dilandasi oleh keimanan dan ketakwan (IMTAK). Maka dari itu, keinginan pemerintah yang digariskan dalam haluan Negara agar pengelolaan pendidikan diarahkan pada desentralisasi, menuntut partisipasi masyarakat secara aktif untuk merealisasikan otonomi daerah. Dengan demikian perlu kesiapan sekolah sebagai ujung tombak pelaksanan operasional pendidikan, pada garis bawah sistem pendidikan yang dapat mengakomodasi seluruh elemen esensial diharapkan muncul dari pemerintah kabupaten dan kota sebagai penerima wewenang otonomi. Oleh karena itu, untuk menilai bahwa paradigma pendidikan telah berubah sebagaimana diamanatkan dalam kebijakan otonomi daerah, maka diperlukan keberanian pemerintah daerah untuk menilai, melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri maupun terhadap kepuasan tenaga pendidik dalam lembaga pendidikan serta mengevaluasi unit cost pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari tenaga pendidik sebagai responden dan data sekunder dari Dinas Diknas Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan mengolah data kualitatif serta dengan menggunakan metode rasio dan metode rata-rata dalam menghitung data unit cost pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan ada 5 dimensi/faktor yang mempengaruhi kepuasan tenaga pendidik yaitu keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance),empati( empaty),dan berwujud ( tangibles). Dengan persamaan : Y = 2,717 – 1,11 X 1 + 0,060 X 2 + 0,710 X 3 + 0,307 X 4 + 0,050 X + e. Sedangkan unit cost pendidikan dasar (SD dan SMP) tahun 2005-2007 yaitu SD berturut-turut adalah 908.348,94, 1.243.762,32 dan 915.133,75 dan unit cost sekolah menengah pertama berturut-turut adalah 1.171.209, 1.116.183,02 dan 1.319.132,69. Masih cukupnya tingkat kepuasan tenaga pendidik atas kualitas layanan pendidikan dan besarnya unit cost yang belum memenuhi standar minimum menunjukkan bahwa pemerintah kota dan dinas diknas kota bengkulu belum secara maksimal melakukan penyelenggaraan pendidikan khususnya pendidikan dasar. Diharapkan pemerintah Kota dan Dinas Diknas Kota Bengkulu meningkatkan kebutuhan tenaga pendidik dan meningkatkan efisiensi dalam pemanfaatan anggaran pendidikan dasar menuntut perhatian yang serius, khususnya dalam penganggaran, pengalokasian dan pengawasan/pengendalian, sehingga pemanfaatan biaya dari berbagai sumber dana lebih terarah. Hal ini bertujuan untuk menekan pemborosan anggaran. 5

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:19
Last Modified: 17 Dec 2013 12:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item