Nurhayati , Siti and Zamzaili , Zamzaili and Rusdi, Rusdi (2012) ANALISIS KUALITAS SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL DAN PERBANDINGANNYA DENGAN SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA JURUSAN IPS SMA NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SKRIPSI-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (26MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui distribusi soal UN dan soal Try Out UN berdasarkan pokok bahasan dan kelas. 2) Mengetahui penyebaran aspek kognitif soal UN dan soal Try Out berdasarkan Taksonomi Bloom. 3) Mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran dan fungsi pengecoh soal Try Out. 4) Mengetahui pendapat ahli (panelis) tentang kualitas soal Try Out. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah 1079 lembar jawaban siswa Try Out UN SMA Negeri Kota Bengkulu. Sampel yang diambil adalah 160 lembar jawaban siswa jurusan IPS SMA N 2 dan SMA N 4 Kota Bengkulu terdiri dari 80 lembar jawaban soal Try Out kode A dan 80 lembar jawaban soal Try Out kode B. Instrumen dalam penelitian adalah soal Try Out UN dan soal UN. Subjek penelitian ini adalah soal Try Out dan soal UN mata pelajaran matematika Jurusan IPS SMA Negeri Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2009/2010. Distrbusi soal Try Out kode A dan B: dilihat dari jumlah pokok bahasan yang diajarkan,dari 12 pokok bahasan 5 (41,67%) diajarkan di kelas X, 4 (33,33 %) di kelas XI dan 3 (25 %) di kelas XII. Dilihat dari jumlah soal, dari 40 butir soal 12 (30%) pelajaran kelas X, 18 (45%) pelajaran di kelas XI dan 10 (25%) pelajaran di kelas XII distribusi soal Ujian Nasional kode A dan B. Dari 40 butir soal 32,5% ( 13 butir soal) untuk pelajaran di kelas X, 42,5% (17 butir soal) untuk pelajaran di kelas XI dan 25% (10 butir soal) untuk pelajaran di kelas XII. Distribusi Soal Try Out berdasarkan Taksonomi Bloom: untuk taraf kognitif pemahaman (C2) sebanyak 15 butir soal (37,5%) dan aplikasi (C3) sebanyak 25 butir soal (62,5%), untuk soal Ujian Nasional kode A dan B, dari 40 soal, 18 soal (45%) untuk kategori taraf kognitif pemahaman (C2), Untuk kategtori taraf kognitif aplikasi terdapat 22 butir soal (55%). Dilihat dari jumlah butir soal untuk setiap pokok bahasan terdapat sedikit perbedaan yaitu pada pokok bahasan pertidaksamaan, turunan fungsi dan program linier dimana soal Try Out lebih banyak dari soal UN serta pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat, statistik dan peluang dan matriks dimana soal UN lebih banyak dari pada soal Try Out. Tingkat validitas item soal Try Out dikategorikan “valid”, terbukti bahwa soal kode A terdapat 23 (57,5%) dinyatakan valid dan untuk soal kode B 25 (62,5%). Tingkat reliabilitas soal Try Out termasuk dalam kategori “Cukup” terbukti kode soal A diperoleh r11= 0,434 dan untuk kode soal B diperoleh r11 = 0,424.Taraf kesukaran soal Try Out dalam kategori “mudah”, ditunjukkan soal kode A dari 40 butir soal 17 (42,5%) butir diantaranya dikategorikan dalam kriteria mudah, Sedangkan untuk soal B d 27 (67,5%) butir soal termasuk dalam kriteria mudah.Tingkat daya beda soal dalam kategori “baik”, dapat dilihat bahwa soal kode A 11 (27,5%) dengan kriteria baik , untuk kode soal B 10 (25%) dengan kriteria baik. Pengecoh berfungsi dengan “baik”, ditunjukkan dari soal kode A terdapat 37 (92,5%) butir soal berfungsi dengan baik. kode B 20 (50%) butir soal memiliki pengecoh yang berfungsi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:19 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4722 |
Actions (login required)
View Item |