ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN KESALAHAN PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Aresti, Zedri and Zamzaili , Zamzaili and Effie , Efrida Muchlis (2012) ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN KESALAHAN PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ZEDRI ARESTI A1C008015-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui letak kesalahan konsep dan kesalahan prosedur yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun Datar Segi Empat kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 kota Bengkulu. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen penelitian yaitu tes diagnostik essay dan wawancara. Subjek penelitian di ambil siswa kelas VII-5 dan VII-bilingual Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 kota Bengkulu sebanyak 34 siswa kelas VII-5 dan 26 siswa kelas VII-bilingual. Letak kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa kelas VII-bilingual SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan soal- soal pada materi bangun datar segiempat adalah kesalahan dalam menyebutkan sifat- sifat, kesalahan dalam memberikan definisi, kesalahan dalam mengaitkan dua konsep (prinsip), salah dalam memahami prinsip, dan salah menggunakan rumus.Letak kesalahan prosedur yang dilakukan oleh siswa kelas VII-bilingual SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan soal- soal pada materi bangun datar segiempat adalah salah menginterpretasi data, salah dalam melakukan operasi, salah dalam menghitung, dan kurang teliti dalam megerjakan soal. Untuk mengetahui secara akurat bentuk kesalahan yang dilakukan siswa maka subjek wawancaranyanya dari siswa yang memiliki kesalahan terbanyak dari jawaban sebanyak 5 siswa. Soal-soal yang dominan dijawab salah oleh siswa adalah soal dengan aspek berpikir C3 dimana pada soal ini menggabungkan konsep dan prosedur. Faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal- soal materi bangun datar segiempat adalah sebagai berikut : siswa kurang memahami konsep bangun datar segiempat, siswa kurang menguasai prinsip atau hubungan konsep antar bangun datar, siswa kurang teliti dalam membaca soal sehingga menimbulkan interpretasi yang berbeda, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, rumus yang sering lupa atau salah menggunakan rumus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:27
Last Modified: 17 Dec 2013 12:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item