MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK MERONCE

Selvia Hasiholan, Febe and Pudji , Hartuti and Normansyah, Sendi (2012) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK MERONCE. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Febe Selvia Hasiholan.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik meronce dalam meningkatkan motorik halus anak-anak kelompok B PAUD AL-Ikhlas Kelurahan Kandang Limun Kota Bengkulu, dapat memecahkan permasalahan pengembangan motorik halus anak. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B PAUD AL-Ikhlas Kelurahan Kandang Limun Kota Bengkulu dengan jumlah murid 16 orang yang terdiri atas 7 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Pengumpulan data diambil dengan cara menjelaskan proses pembelajaran dan hasil evaluasi pembelajaran. Analisis data dengan tehnik statistik deskriptif. Data yang dianalisis dengan melihat kecenderungan umum dan tehnik statistik deskriptif pada persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian proses pembelajaran pada siklus pertama jumlah anak yang sudah bisa meronce sebanyak 6 orang (37,50%), jumlah anak yang kurang bisa meronce sebanyak 6 orang (25,00%), sedangkan pada siklus kedua sebanyak 12 orang (75,00%) anak sudah bisa meronce dengan baik, dan anak yang masih kurang bisa meronce sebanyak 3 0rang (18,75%) dan anak yang belum bisa sama sekali meronce sebanyak 1 orang (6,25%). Sedangkan hasil evaluasi pembelajaran pada siklus pertama kemampuan seluruh anak dalam meronce sebesar 70,83% dari 16 orang anak dan anak yang belum bisa meronce sebanyak 29,17% dari 16 orang anak. Pada siklus kedua kemampuan anak dalam meronce sebesar 89,58% dari 16 orang dan persentase rata-rata anak yang belum bisa meronce sebanyak 10,42% dari 16 orang anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:43
Last Modified: 17 Dec 2013 12:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item