MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS (TAMAN KANAK-KANAK SHANDY PUTRA TELKOM KOTA BENGKULU)

Kusdianti, Mimi and Yulidesni, Yulidesni and Afifatus , Sholihah (2012) MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS (TAMAN KANAK-KANAK SHANDY PUTRA TELKOM KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI MIMI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial, khususnya kemampuan menggambar, kecepatan mengenal dan kemampuan memadukan warna, dan kesukaan mewarnai gambar yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B1 berjumlah 14 orang anak, yaitu 8 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan di taman kanak-kanak Sandhy putra Telkom kota Bengkulu. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumantasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial dibuktikan dengan hasil kemampuan menggambar, kecepatan mengenal dan kemampuan memadukan warna, kesenangan mewarnai gambar, pada siklus 1 mencapai rata-rata 70% kemudian siklus II meningkat menjadi 86%. Dari hasil penelitian ini dapat di rekomendasikan kepada guru PAUD, bahwa terbukti dengan kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:21
Last Modified: 17 Dec 2013 13:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item