MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B 2 TK SINT CAROLUS KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Tarimaningsih, Rosadelima and Pudji , Hartuti and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B 2 TK SINT CAROLUS KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI BU TARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bermain peran sebagai alat untuk meningkatkan kemandirian belajar anak di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Sint Carolus Bengkulu pada kelompok B2 yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah persentase keberhasilan (peningkatan) untuk aspek berani mencoba/melakukan sendiri pada siklus pertama 27% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 85%, aspek mengerjakan tugas sampai selesai pada siklus pertama 35% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 88%, dan aspek bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan pada siklus pertama 69% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa: penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian belajar anak kelompok B2 TK Sint Carolus Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:40
Last Modified: 17 Dec 2013 13:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4763

Actions (login required)

View Item View Item