PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X TEKNIK JARINGAN KOMPUTER (TKJ) SMKN 1 SELUMA TAHUN AJARAN 2011/2012 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH

Joyo , Tausi and Susetyo, Susetyo and Agus , Trianto (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X TEKNIK JARINGAN KOMPUTER (TKJ) SMKN 1 SELUMA TAHUN AJARAN 2011/2012 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Tesis - Aceng Joyo.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah dan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah.Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah. Teknik nontes berupa perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Seluma. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II, baik data tes maupun data nontes. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah, yaitu sebesar 8,28 dari nilai 71,20 pada siklus I menjadi 79,48 pada siklus II meskipun masih berada pada kategori baik. Artinya keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah pada setiap aspeknya, siswa kelas X mampu mengembangkan ide dan topik yang sesuai serta menggambarkannya dengan cukup jelas.Penyusunan kalimat cukup baik dan unsur- unsurnya cukup jelas, penulisan ejaan dan tanda baca cukup tepat, pemilihan kata cukup baik sesuai dengan isi, keterpaduan antara kohesi dan koherensi cukup utuh, penggunaan pencitraan yang sudah cukup lengkap, dan mampu memusatkan uraian pada objek yang ditulis. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan perilaku, siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Seluma mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:25
Last Modified: 17 Dec 2013 14:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item