Asyari Pupanosa, Muhammad and M. Lutfi , Firdaus and Agus, Sundaryono (2012) INDIKATOR ALTERNATIF ASAM BASA DARI EKSTRAK BERBAGAI BUNGA DAN IMPLEMENTASINYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SALINGTEMAS DI SMA NEGERI 1 MUARA KELINGI. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
TESIS M ASYARI PUPANOSA-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menentukan perbandingan trayek (range) pH ekstrak bunga kertas (Bougenville sp.), bunga pukul empat (Mirabilis jalapa), bunga tapak darah (Catharantus roseus), bunga nenas kerang (Rhoeo discolor), bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L), (2) Menentukan perbandingan volum titrat ekstrak bunga kertas (Bougenville sp.), bunga pukul empat (Mirabilis jalapa), bunga tapak darah (Catharantus roseus), bunga nenas kerang (Rhoeo discolor), bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) dengan phenolptalein, dan (3) Mengetahui proses dan hasil belajar kimia menggunakan pendekatan SALINGTEMAS dengan bantuan modul pada materi asam basa melalui penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Kelima sampel dibersihkan , kemudian dikeringkan tanpa sinar matahari, sampel diekstrak dengan menggunakan HCl 0,1 M dalam methanol dengan perbandingan 1 : 10 selama 24 jam. Didapatkan hasil: (1) trayek pH perubahan warna ekstrak bunga sepatu pH 6 – pH 7 (Pink –Bening), ekstrak bunga tapak dara pH 3 – pH 4 (Pink – Bening), ekstrak bunga pukul empat pH 7 – pH 8 (Bening – Hijau Kekuningan), ekstrak bunga kertas pH 11 – pH 12 (Pink – Kuning), ekstrak bunga nenas kerang pH 5 – pH 6 (Pink – Hijau), (2) dari hasil pengujian hipotesis perbandingan volume titrat dengan menggunakan ANOVA Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak artinya ada perbedaan volume titrat terpakai antara kelima ekstrak bunga dengan phenolptalein. Pada implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan SALINGTEMAS, pada siklus I nilai rerata hasil belajar 63.85 sedangkan penilaian proses dan sikap 50% siswa memperoleh nilai baik, siklus II nilai rerata hasil belajar naik menjadi 70.14 sedangkan penilaian proses dan sikap 77% siswa memperoleh nilai baik dan pada siklus III nilai hasil rerata belajar naik menjadi 75.55 sedangkan penilaian proses dan sikap terjadi kenaikan secara signifikan, dimana 99% siswa memperoleh nilai baik pada aspek sikap dan 92% siswa memperoleh nilai baik pada aspek proses.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 14:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 14:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4777 |
Actions (login required)
View Item |